Assalamu'alaikum Wr. Wb. ----- SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI GUGUSDEPAN 1303.10-101 / 1303.10.102 PANGKALAN SMP ISLAM WATULIMO ----- Semoga Bermanfaat Untuk Kita Semua!

Wednesday 30 September 2020

Wednesday, September 30, 2020
Rabu, 09 September 2020
- Cengkeh merupakan tanaman asli asal Indonesia, khususnya wilayah timur. Untuk mendapatkan mutu cengkeh yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat proses pasca panen dan penjemuran.
 
"Dari mulai pemetikan, hingga penanganan pasca panen harus diperhatikan dengan seksama agar kualitasnya baik. Makanya dibutuhkan banyak tenaga kerja dan dibutuhkan tangga yang tinggi untuk memetik bunganya,".
 
Produk utama tanaman cengkeh adalah bunga, yang pada waktu dipanen kadar airnya berkisar antara 60-70 persen. Waktu yang paling baik untuk memetik cengkeh adalah sekitar 6 bulan setelah bakal bunga timbul, yaitu setelah satu atau dua bunga pada tandanya mekar dan warna bunga menjadi kuning kemerah-merahan dengan kepala bunga masih tertutup, berisi dan mengkilat.
 
Ciri bunga yang dapat dipanen adalah kepala bunga mengkilap seperti akan mekar (tapi belum) dan dalam satu kelompok terdapat 2-3 bunga yang mekar. Pemungutan bunga cengkeh dilakukan dengan cara memetik tangkai bunga dengan tangan, kemudian dimasukkan kedalam kantong kain atau keranjang yang telah disiapkan, menggunakan tangga segitiga atau galah dari bambu, serta tidak merusak daun disekitarnya pada waktu pemetikan.
 
Waktu panen sangat berpengaruh terhadap rendemen dan mutu bunga cengkeh serta minyak atsirinya. Setelah dipetik dari pohonnya biasanya sampai dirumah, masih perlu dipisahkan dari tangkainya, setelah itu barulah bunga cengkeh dapat dijemur sampai kadar air 12-14 persen  atau ditandai bunga cengkeh yang mudahnya
 
Untuk pengeringan dapat dilakukan dengan menjemurnya dipanas matahari langsung atau menggunakan pengering buatan. Tahapan-tahapan pengeringannya, pertama, bunga cengkeh yang akan dijemur dihamparkan pada alas tikar, anyaman bambu (giribig) atau plastik, atau pada lantai jamur yang diberi alas plastik.
 
Kedua, lanjutnya, selama proses pengeringan cengkeh dibolak-balik agar keringnya merata. Ketiga, proses pengeringan dianggap selesai apabila warna bunga cengkeh telah berubah menjadi coklat kemerahan, mengkilat, mudah dipatahkan dengan jari tangan dan kadar air telah mencapai sekitar 10-12 persen. "Lamanya waktu penjemuran dibawah sinar matahari sekitar 3-4 hari,"
 
"Yang jelas, apabila warananya sudah gelap kecokelatan, tandanya sudah kering. Maka jika kadar airnya sesuai, akan dapat disimpan dalam waktu yang lama. Selain bunga, yang dapat dijual yaitu daun kering, tangkai kering, ranting, dan batang pohon cengkeh,".
 


Tag : Berita, Cerita Siswa
Oleh : Febi Pambayu Ayuningtyas
Siswa SMP Islam Watulimo
Tahun 2020

0 Komentar:

Post a Comment

MOHON SARAN DAN KRITIK YANG SIFATNYA KONSTRUKTIF!

Silahkan Baca Juga Materi Di Bawah ini !

"Orang yang bahagia itu akan selalu menyediakan waktu untuk membaca karena membaca itu sumber hikmah; menyediakan waktu tertawa karena tertawa itu musiknya jiwa; menyediakan waktu untuk berpikir karena berpikir itu pokok kemajuan; menyediakan waktu untuk beramal karena beramal itu pangkal kejayaan; menyediakan waktu untuk bersenda-gurau karena bersenda itu akan membuat muda selalu; dan menyediakan waktu beribadah karena beribadah itu adalah ibu dari segala ketenangan jiwa."
----------------
(Kata Mutiara, Anonim)